Mengurangi Kecanduan Bermain Gadget Pada Anak

Gadget merupakan sebuah alat yang sangat sering digunakan oleh banyak orang, tidak terkecuali anak-anak di jaman sekarang. Dikarenakan hal ini orangtua dapat membantu anak untuk mengurangi penggunaan gadget agar tidak berlebihan dalam menggunakannya. Berikut adalah tips untuk membantu anak agar dapat mengurangi penggunaan gadget
  1. Menjadi panutan yang baik untuk anak
    Seorang anak akan belajar dari lingkungannya. Apabila orangtua sering bermain gadget dalam berbagai aktivitas dan tidak bijak menggunakannya maka anak pun akan menirunya. Jadi jika Anda ingin anak Anda mengurangi waktu bermain gadgetnya, maka Anda pun juga harus menggunakan waktu menggunakan gadget dengan benar.
  1. Membatasi penggunaan gadget
Gadget adalah alat yang memiliki banyak manfaat dan itu juga dapat dialami oleh anak. Namun Anda harus tetap membatasi penggunaan gadget agar anak tidak berlebihan dan kecanduan dalam menggunakan gadget. Anda bisa memberikan waktu 1 hingga 2 jam untuk membiarkan anak bermain gadget. Lalu Anda juga harus menyimpan gadget dengan baik agar anak tidak bisa menemukan dan bermain tanpa mungkin sepengetahuan orangtuanya.
  1. Melakukan aktivitas di luar
Anda dapat mengajak anak Anda untuk beraktivitas di luar rumah seperti bersepeda keliling atau bermain lompat tali. Dengan bermain dan beraktivitas di luar rumah, maka anak Anda akan melupakan bermain gadget untuk sementara. Anda dapat mengajaknya untuk aktif beraktivitas di luar rumah.
  1. Bersikap tegas
Ketika anak yang mengalami kecanduan bermain gadget, biasanya anak akan mengalami tantrum yang berlebihan dan akan sangat susah diberitahu. Di dalam hal ini, Anda wajib untuk bersikap tegas dan menerapkan peraturan waktu dalam bermain gadget.
  1. Meminta pertolongan dari dokter
Dokter dapat membantu Anda untuk memberitahu si kecil dan menenangkan buah hati Anda. Anda dapat berkonsultasi apa saja yang diperlukan untuk menghadapi anak yang sudah cemas apabila tidak diberikan gadget dalam waktu yang lama. Jika langkah-langkah di atas tidak memberikan efek yang maksimal, bisa jadi anak mengalami depresi dan cemas. Itu artinya, Anda harus konsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan cara terbaik untuk membantu Anda menenangkan si kecil dan mengurangi kecanduannya.
  1. Memberi Gadget sesuai kebutuhan
Anda dapat mengawasi anak untuk melihat kebiasaan aktivitas apa yang dilakukan anak dengan menggunakan gadget. Hal ini bertujuan agar orangtua dapat melihat apa yang dilakukan anak, apakah sesuai dengan kebutuhan anak atau tidak.